Training Accurate

Manfaat Analisis ROI bagi Bisnis dan Cara Menghitungnya

Berbisnis di dunia nyata tidak sesederhana yang terdengar. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat membuat keputusan dan merancang strategi bisnis berikutnya, salah satunya yaitu ROI. Analisis ROI atau Return On Investment digunakan untuk menghitung seberapa besar keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi dibandingkan dengan jumlah uang yang dikeluarkan untuk berinvestasi. Rasio ini digunakan untuk membantu investor dan pengusaha menentukan efektivitas investasi mereka. Semakin tinggi ROI, semakin baik investasi itu.

 

Manfaat Analisis ROI bagi Bisnis

1. Pengukuran efektivitas investasi

Analisis ROI memberikan pengukuran konkret tentang sejauh mana investasi bisnis telah memberikan hasil yang diharapkan. Dengan menghitung ROI, perusahaan dapat mengevaluasi apakah setiap modal yang diinvestasikan menghasilkan keuntungan yang memadai. Pengukuran ini membantu mengidentifikasi proyek yang memberikan hasil positif dan yang perlu dievaluasi atau ditingkatkan. Misalnya, perusahaan menginvestasikan dana dalam kampanye pemasaran online, analisis ROI dapat membantu menentukan sejauh mana investasi tersebut menghasilkan konversi penjualan atau keuntungan yang diinginkan.

 

2. Pemilihan proyek dan keputusan investasi yang lebih baik

Dengan memiliki pemahaman tentang ROI, perusahaan dapat membuat keputusan investasi yang lebih baik. Ini membantu dalam pemilihan proyek yang memiliki potensi pengembalian investasi tinggi. Manajemen dapat membandingkan ROI dari berbagai opsi investasi untuk memprioritaskan proyek-proyek yang paling menguntungkan secara finansial. Misalnya, perusahaan memiliki opsi untuk mengembangkan produk baru atau meningkatkan infrastruktur IT, analisis ROI dapat membantu menentukan mana yang memberikan keuntungan lebih besar dalam jangka panjang.

3. Evaluasi kinerja bisnis secara keseluruhan

Analisis ROI juga dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja bisnis secara keseluruhan. Dengan melihat ROI pada tingkat perusahaan, manajemen dapat menilai apakah strategi bisnis yang diterapkan secara umum telah memberikan pengembalian investasi yang positif. Hal tersebut dapat dilihat dari sentimen pasar, laba bersih, aset, utang, dan kinerja aset perusahaan. Misalnya, dalam kasus perusahaan yang diversifikasi, analisis ROI dapat membantu menentukan sektor bisnis mana yang memberikan kontribusi terbesar terhadap laba bersih dan pertumbuhan keseluruhan.

 

Cara Menghitung Analisis ROI

 

Rumus ROI

 

Biasanya, terdapat dua rumus untuk menghitung ROI, yaitu:

ROI = laba bersih atas investasi / biaya investasi x 100%

atau

ROI = nilai akhir investasi – nilai awal investasi / biaya investasi x 100%

Kedua rumus tersebut memberikan hasil yang serupa, namun rumus kedua memberikan angka yang lebih tepat.

 

Contoh perhitungan ROI

Sebuah perusahaan A yang bergerak di bidang IT menginvestasikan Rp. 100.000.000 dalam kampanye pemasaran online dan mendapatkan tambahan pendapatan bersih sebesar Rp. 200.000.000 dari hasil penjualan yang dihasilkan oleh kampanye tersebut. Maka perhitungan ROI nya yaitu:

ROI = laba bersih atas investasi / biaya investasi x 100%

ROI = (Rp. 200.000.000 – Rp. 100.000.000) / Rp. 100.000.000 x 100%

ROI = 100 %

Dari contoh tersebut, bisa disimpulkan bahwa perusahaan A berhasil mendapatkan keuntungan sebesar 100% dari hasil investasi.

 

Berikut tadi penjelasan mengenai manfaat Return of Investment atau ROI bagi bisnis beserta cara menghitungnya. Untuk mempermudah perhitungan ROI, Anda dapat menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Aplikasi akuntansi ini dapat membantu Anda terkait proses akuntansi, mulai dari penjurnalan hingga membuat laporan keuangan secara cepat, mudah, dan tepat.

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Artikel Terkait