Training Accurate

3 Metode Analisis Akuntansi yang Harus Anda Ketahui

Analisis akuntansi merupakan salah satu aspek penting dalam dunia keuangan. Analisis ini digunakan untuk mengkaji informasi keuangan dan mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan, serta membuat proyeksi masa depan. Analisis akuntansi juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan strategi yang tepat guna mencapai tujuan keuangan perusahaan. Terdapat tiga jenis metode analisis akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk menilai kinerja keuangan bisnis, yakni metode past performance, metode future performance, serta metode comparative performance.

 

Metode analisis past performance

Metode analisis akuntansi ini melibatkan penilaian terhadap kinerja keuangan perusahaan di masa lalu, seperti analisis laporan keuangan selama 5 tahun terakhir. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran apakah perusahaan telah mencapai tujuan keuangan selama periode waktu tertentu serta apakah terdapat masalah yang harus diperbaiki. Beberapa indikator yang perlu untuk diperhatikan dalam analisis ini antara lain yaitu pendapatan, laba bersih, dan arus kas bersih. Analisis past performance membantu dalam mengidentifikasi tren, kekuatan, dan kelemahan yang dapat membimbing keputusan strategis perusahaan di masa depan.

 

Metode analisis future performance

Metode analisis ini lebih bersifat proaktif dan melibatkan proyeksi atau estimasi kinerja keuangan di masa depan. Perusahaan dapat menggunakan data historis, tren pasar, dan faktor-faktor eksternal untuk mengembangkan perkiraan tentang bagaimana keuangan mereka akan berkembang. Hal ini membantu manajemen dalam merencanakan langkah-langkah strategis, mengidentifikasi peluang, dan menghadapi potensi tantangan di masa mendatang. 

Untuk membuat proyeksi yang akurat, pihak manajemen perlu mempertimbangkan berbagai faktor yang mungkin mempengaruhi hasil finansial masa depan perusahaan, seperti tingkat inflasi, perubahan hukum, dan perubahan dalam industri. Metode analisis future performance ini sangat berguna dalam menyusun anggaran, proyeksi pendapatan, dan perencanaan jangka panjang perusahaan.

 

Metode analisis comparative performance

Metode analisis akuntansi ini dilakukan dengan membandingkan kinerja keuangan perusahaan dengan pesaing atau industri sejenis. Dengan memahami bagaimana perusahaan berdiri dalam konteks pasar yang lebih luas, manajemen dapat menilai sejauh mana mereka bersaing secara efektif. Berikut ini beberapa perbandingan yang dapat dilakukan oleh perusahaan:

  • Membandingkan rasio keuangan, rasio likuiditas, rasio rentabilitas, dan rasio solvabilitas. 
  • Membandingkan hasil penjualan, pendapatan, serta arus kas. 
  • Membandingkan rasio keuangan dan hasil penjualan.
  • Membandingkan perkembangan aset dan hutang.

Dengan melakukan analisis ini perusahaan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan efisiensi, memahami posisi relatif mereka, dan membuat perubahan strategis yang dibutuhkan.

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Artikel Terkait