Training Accurate

5 Rekomendasi Kegiatan untuk Ngabuburit

Selama bulan puasa, tentunya waktu menuju berbuka akan terasa lebih lama jika kita tidak melakukan kegiatan apapun. Maka dari itu, muncul istilah ngabuburit yang mana berarti menghabiskan waktu selama menunggu waktu berbuka dengan berbagai kegiatan. Banyak sekali kegiatan yang dapat Anda coba lakukan untuk menghabiskan waktu ngabuburit. Berikut ini beberapa rekomendasi yang dapat Anda coba.

 

Rekomendasi Kegiatan untuk Ngabuburit

 

1. Berburu takjil

Saat bulan Ramadan tiba, sering kali akan bermunculan banyak pedagang yang menjajakan aneka takjil menggiurkan mulai dari makanan ringan hingga minuman segar. Ada berbagai macam pilihan takjil yang umum dijual saat puasa antara lain yaitu es pisang ijo, es buah, kolak, gorengan, dan masih banyak lagi. Nah, Anda dapat menggunakan waktu ngabuburit Anda untuk pergi berburu takjil untuk berbuka puasa.  Selain itu, Anda juga dapat sekalian menikmati pemandangan sekitar di sore hari sambil berjalan-jalan. Dengan begitu pasti waktu menunggu berbuka tidak akan terasa lama.

2. Menonton film

Ngabuburit Menonton Film

Menonton film merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh semua orang, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Saat bulan Ramadan tiba, biasanya seringkali ada banyak serial maupun film yang seru untuk ditonton bersama keluarga, baik itu bergenre drama, action, komedi atau yang lainnya. Bahkan, beberapa channel TV selalu menyiarkan acara khusus saat bulan Ramadhan, seperti sejarah islami, kisah para nabi, variety show bertema Ramadhan, dan lainnya. Dijamin, acara-acara ini dapat membuat kegiatan ngabuburit Anda semakin seru.

3. Bermain game

Main game online maupun offline juga bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan dalam menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka. Hampir kebanyakan orang suka bermain game karena dapat menghibur para pemainnya. Kini, sudah banyak beragam game online atau offline yang dapat Anda mainkan, baik melalui smartphone maupun PC. Untuk game online yang seru, Anda bisa memainkan game seperti Mobile Legend, Free Fire, Valorant, Genshin Impact serta game yang menantang lainnya. Sementara game offline, biasanya terdiri dari berbagai game yang mudah dimainkan oleh semua kalangan, seperti game memasak, mendandani, teka teki, ludo dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk bermain game bersama agar lebih menyenangkan. 

4. Olahraga ringan

Ngabuburit Olahraga

Saat bulan Ramadan, kesehatan tubuh harus diperhatikan dengan baik agar bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lancar. Nah, untuk itu, Anda bisa melakukan berbagai olahraga ringan di sore hari agar tubuh selalu bugar dan sehat. Beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan adalah jogging atau berjalan-jalan santai keliling kompleks sambil mencari takjil, yoga di rumah, peregangan tubuh, aerobik dan lainnya. Kegiatan olahraga ringan tidak perlu Anda lakukan setiap hari. Melakukannya setiap 3 kali dalam seminggu saja sudah cukup. Yang terpenting adalah tubuh Anda cukup bergerak saat sedang berpuasa sehingga Anda selalu sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

5. Mengaji atau tadarusan

Ngabuburit Mengaji

Rekomendasi kegiatan ngabuburit yang bermanfaat berikutnya adalah mengaji atau tadarusan. Anda bisa mengaji 1 juz Al-Qur’an per hari agar bisa mengkhatamkannya sampai bulan Ramadhan berakhir. Seperti yang Anda tahu, saat bulan Ramadhan, ada baiknya untuk memperbanyak amalan baik agar mendapatkan pahala yang besar. Jadi, jika waktu sore hari Anda kosong dan tidak ada kegiatan yang ingin dilakukan, maka bisa memanfaatkannya dengan tadarus Al-Qur’an. Jika berhasil menamatkan 30 juz selama bulan Ramadhan, pasti Anda akan merasakan kebahagiaan tersendiri dari dalam lubuk hati yang terdalam.

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Artikel Terkait