Training Accurate

Rumus dan Cara Menghitung Present Value

Memahami konsep nilai saat ini atau present value memiliki peran yang penting, terutama bagi para investor agar aktivitas investasinya bisa menghasilkan keuntungan yang optimal. Present value atau biasa disingkat dengan PV merupakan nilai saat ini dari sejumlah uang atau aliran arus kas di masa depan dengan tingkat pengembalian tertentu. Misalnya, uang sebesar Rp 100.000 saat ini mungkin akan memiliki nilai yang lebih dari Rp 100.000 di masa depan. Dengan kata lain, nilai sekarang menunjukkan bahwa uang yang diterima di masa depan tidak sebanding dengan jumlah yang sama yang diterima hari ini. Pada artikel ini akan dibahas rumus dan cara menghitung present value beserta faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya.

 

Rumus Present Value

 

Untuk dapat menghitung FV, Anda dapat mengasumsikan tingkat pertumbuhan yang konsisten. Dengan melakukan prediksi menggunakan berbagai tingkat akurasi. Jumlah keuntungan yang akan Anda peroleh juga dapat diprediksi berdasarkan jenis investasi apa yang dilakukan. Secara umum, rumus present value yang digunakan untuk melakukan perhitungan yaitu sebagai berikut:

PV = FV/(1+r)^n

Dengan catatan sebagai berikut:

FV : future value 

r : rate of return / tingkat pengembalian / tingkat diskonto / discount rate

n : periode (waktu)

 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Present Value

1. Inflasi

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi PV yaitu inflasi. Inflasi merupakan kondisi dimana harga barang dan jasa mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Misalnya, uang yang Anda miliki saat ini dapat digunakan untuk membeli barang tertentu. Namun di masa depan, dengan nilai uang yang sama dengan saat ini Anda tidak dapat membeli kembali barang tersebut karena adanya kenaikan harga. 

Tingkat inflasi yang tidak terkendali dapat mengancam kondisi perekonomian suatu negara. Sebab, nilai uang dapat tergerus seiring berjalannya waktu sehingga present value dan future value memiliki perbedaan yang cukup jauh. Dengan menghitung tingkat inflasi, Anda dapat mengetahui nilai uang dan aset di masa depan sehingga Anda dapat memperkirakan tingkat pengembalian yang akan diperoleh di masa mendatang apabila uang atau aset saat ini diinvestasikan.

2. Suku bunga

Faktor lain yang dapat mempengaruhi PV adalah suku bunga. Misalnya saat ini Anda menginvestasikan uang sebesar Rp 1 juta dan diperkirakan nilainya akan naik hingga 3 tahun ke depan dengan suku bunga 5% per tahun. Maka nilai uang Rp 1 juta yang Anda miliki di masa mendatang pasti akan jauh lebih besar. Namun jika Anda tidak menginvestasikan uang tersebut atau lebih memilih menunggu 3 tahun ke depan untuk uang Rp 1 juta maka Anda akan kehilangan sebagian nilai uang tersebut. 

3. Discount rate

Discount rate adalah tingkat pengembalian dari investasi yang diaplikasikan dalam present value. Itu artinya, discount rate dapat menjadi tingkatan pengembalian yang akan hilang apabila investor memilih untuk mengambil sejumlah aset di masa mendatang daripada aset bernominal yang sama pada masa sekarang. Tingkat diskonto dalam perhitungan present value biasanya cukup subjektif karena tingkat pengembalian yang diharapkan akan didapat berdasarkan nilai yang sudah diinvestasikan sekarang dan dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Artikel Terkait