Training Accurate

7 Tips Gaya Hidup Sehat saat Puasa Ramadan

Ramadan adalah bulan dimana seluruh umat Muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Setiap orang yang menjalankan puasa akan menahan makan dan minum selama seharian dari sebelum matahari terbit hingga matahari tenggelam. Tentu, hal ini membuat Anda harus memperhatikan asupan yang diperlukan bagi tubuh. Nah, untuk menjaga tubuh Anda agar tetap fit selama menjalankan ibadah puasa, beberapa tips berikut dapat membantu Anda untuk menjalankan gaya hidup sehat selama menjalankan puasa di bulan Ramadan. 

 

Tips Menjalankan Gaya Hidup Sehat saat Puasa Ramadan

 

1. Sarapan sahur yang sehat

Sarapan sahur adalah kunci untuk menjaga energi dan kebugaran selama hari-hari berpuasa. Pilihlah makanan sahur yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral penting. Contohnya, Anda dapat mengkonsumsi nasi merah dengan dada ayam kukus dan sayuran atau oatmeal dengan potongan buah segar dan segelas susu rendah lemak.

 

2. Minum air putih yang cukup

Pastikan Anda minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa untuk menjaga hidrasi tubuh. Sebaiknya Anda minum air putih 2 liter dalam sehari atau 8 gelas. Anda dapat membaginya dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat malam hari. Hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi dapat menyebabkan Anda dehidrasi. Lebih baik jus buah tanpa tambahan gula, atau air kelapa untuk mengganti cairan yang hilang selama berpuasa.

 

3. Porsi makan yang terkontrol

Saat berbuka puasa, hindari tergoda untuk mengonsumsi makanan berat dan berkalori tinggi dalam jumlah besar secara sekaligus. Patikan porsi makan Anda terkontrol dan seimbang, termasuk makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serta lemak sehat. Ini akan membantu Anda menjaga kadar gula darah dan energi selama seharian berpuasa.

 

4. Hindari makanan berlemak dan minuman tinggi gula

Hindari makanan dan minuman yang tinggi lemak jenuh dan gula selama bulan puasa. Ini termasuk makanan cepat saji, camilan manis, serta minuman bersoda dan berenergi, dan masih banyak lagi. Pilihlah makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

 

5. Tetap aktif secara fisik

Meskipun sedang berpuasa, Anda harus tetap aktif secara fisik dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan, jogging, bersepeda, atau yoga. Lakukanlah aktivitas fisik tersebut pada waktu yang tepat, seperti sebelum waktu berbuka puasa atau setelah tarawih. Ini akan membantu Anda menjaga kebugaran fisik dan menjaga berat badan agar tetap stabil.

 

6. Istirahat yang cukup

Jagalah keseimbangan antara beraktivitas dan istirahat yang cukup selama bulan puasa. Pastikan untuk tidur yang cukup setiap malam agar tubuh Anda mendapatkan istirahat yang diperlukan untuk memulihkan energi dan memperbaiki diri. Hindari begadang atau terlalu banyak aktivitas fisik yang bisa menguras energi Anda selama berpuasa. Anda juga dapat memanfaatkan waktu istirahat di siang hari untuk tidur sejenak agar dapat tetap fokus dalam beraktivitas.

 

7. Jaga kesehatan mental

Selain menjaga kesehatan fisik, penting juga untuk menjaga kesehatan mental dan emosional selama bulan puasa. Anda dapat melakukan aktivitas yang dapat membuat Anda merasa nyaman dan bahagia ketika ngabuburit, seperti membaca buku, menonton film, bermain game atau berbicara dengan orang-orang yang Anda sayangi. Hal ini sangat penting mengingat emosi Anda dapat dengan mudah meledak saat dalam keadaan lapar. Selain itu jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika Anda merasa tertekan atau stres berlebih.

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Artikel Terkait