Training Accurate

7 Tips Hemat saat Mudik Lebaran

Anda ingin mudik Lebaran, namun terkendala karena budget yang dimiliki hanya pas-pasan?. Dalam situasi seperti ini, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan seperti dana transportasi mudik yang bisa saja meningkat drastis, biaya selama di perjalanan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan secara matang cara agar dana mudik Lebaran Anda bisa dialokasikan secara efektif dan Anda bisa mudik. Berikut ini beberapa tips untuk hemat saat mudik Lebaran yang perlu untuk Anda ketahui.

 

Tips Hemat saat Mudik Lebaran

1. Tetapkan budget pengeluaran mudik

Tips berhemat yang pertama yaitu menghitung anggaran total mudik dan mencatat setiap anggaran pengeluaran secara detail. Mulai dari anggaran untuk transportasi, anggaran untuk makan/minum sebelum dan selama perjalanan, hingga dana oleh-oleh (jika ada) semuanya harus Anda rincikan. Setelah itu, cari tahu apakah budget yang sudah dialokasikan memang memungkinkan atau mungkin perlu tambahan uang. Mungkin juga, ada dana yang bisa Anda kurangi dan ditambahkan ke bagian yang lain.

2. Mulai menabung dari jauh hari

Jika total budget Anda belum terpenuhi, maka Anda bisa mulai menjaga pengeluaran dan menabung dari jauh-jauh hari. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kesulitan saat mendekati hari-H. Selain untuk budget mudik, menabung sejak jauh-jauh hari juga bisa Anda gunakan untuk menyiapkan dana darurat jika nantinya dalam perjalanan terdapat biaya tambahan atau hal lain yang tak terduga yang perlu Anda bayar.

3. Gunakan moda transportasi sesuai budget

Transportasi bisa menjadi pengeluaran terbesar yang akan Anda keluarkan saat mudik Lebaran. Oleh karena itu, untuk menghemat dana, tentu moda transportasi udara bukan menjadi prioritas utama Anda karena harganya yang relatif mahal. Jika kampung halaman Anda masih bisa ditempuh melalui jalur darat, mungkin Anda bisa gunakan pilihan transportasi kereta atau bus dari travel agent. Namun jika tidak memungkinkan, Anda perlu menyiapkan dana lebih untuk transportasi udara atau laut. Hal ini juga berarti bisa membuat Anda harus memotong sedikit budget pada pengeluaran lain.

4. Berburu tiket dari jauh-jauh hari

Biasanya menjelang Lebaran biaya tiket transportasi akan mengalami peningkatan. Bahkan terkadang kenaikannya bisa sampai dua kali lipat. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk mencari-cari tiket dari jauh-jauh hari paling tidak sebulan sebelumnya. Selain itu, jangan lupa untuk membandingkan harga pada setiap aplikasi atau platform pembelian tiket. Karena bisa saja ada promo yang bisa Anda dapatkan dan gunakan sehingga dana mudik Lebaran Anda jauh lebih hemat dan terjaga.

5. Pilih kelas transportasi termurah

Biasanya, setiap moda transportasi memiliki kelas-kelas yang bisa Anda pilih. Misalnya, untuk transportasi kereta, ada kelas ekonomi, kelas bisnis, dan kelas eksekutif. Setiap kelas tentunya memiliki fasilitas dan harga yang berbeda-beda dimana semakin lengkap fasilitas maka harganya akan semakin mahal. Oleh karena itu, untuk menghemat Anda dapat memilih kelas transportasi yang paling murah. Anda juga dapat mencoba peruntungan dengan mendaftarkan diri program mudik gratis dari pemerintah.

6. Mudik bersama rombongan atau teman

Jika budget Anda terbatas, mudik bersama rombongan atau teman bisa menjadi alternatif yang bisa Anda coba. Dengan adanya rombongan atau teman yang bersama-sama mudik, Anda akan membagi biaya perjalanan dengan mereka. Mungkin banyak yang merasa tidak nyaman jika harus melakukan mudik bersama orang yang tak dikenal. Namun, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk berkenalan dengan orang baru dan menambah relasi pertemanan.

7. Membawa bekal di perjalanan

Tips lainnya yaitu membawa bekal sendiri untuk dimakan sebelum dan saat perjalanan. Hal itu karena harga makanan yang dijual dalam transportasi umum akan lebih mahal dari biasanya. Selain itu jika Anda menggunakan transportasi pribadi membawa bekal juga akan menghemat waktu. Oleh karena itu, untuk menekan pengeluaran, sebaiknya Anda membawa sedikit makanan dan camilan untuk sebagai bekal di perjalanan.

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Artikel Terkait